Beranda » Berita » Wujudkan Masa Depan yang Lebih Hijau, Eonchemicals Berpartisipasi dalam Penanaman 50.000 Bibit Mangrove pada Acara Jababeka Ecoweek 2024 

Wujudkan Masa Depan yang Lebih Hijau, Eonchemicals Berpartisipasi dalam Penanaman 50.000 Bibit Mangrove pada Acara Jababeka Ecoweek 2024 

Mangrove Planting Eonchemicals

Berita

PT Jababeka Infrastruktur telah menyelenggarakan Ceremonial Jababeka Ecoweek pada Kamis, 15 Agustus 2024. Kegiatan yang berupa penanaman mangrove atau mangrove planting ini merupakan agenda tahunan keenam kalinya yang dimulai sejak tahun 2018. 

Mangrove planting pertama kali dilaksanakan di Muara Gembong, Bekasi Utara pada tahun 2018 dan 2019. Setelah pandemi tepatnya tahun 2021 hingga tahun 2022, kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan Vetiver System Project di bantaran sungai kawasan industri Jababeka. 

Pada tahun 2023 dan 2024, mangrove planting kembali berlangsung di Muara Gembong, Bekasi Utara. Acara tahun ini yang mengusung tema Sustainable Mangrove Planting for a Greener Tomorrow sukses mencapai target, yakni menanam sebanyak 50.000 bibit mangrove. Rhizophora merupakan salah satu jenis mangrove yang keseluruhan bibitnya akan ditanam secara berkala. 

20 siswa-siswi dari SMP dan SMA Presiden ikut bergabung pada program berkelanjutan mangrove planting di acara Jabobeka Ecoweek 2024 sebagai bentuk pengenalan terhadap aksi pelestarian lingkungan sejak dini. Eonchemicals beserta perusahaan lainnya pun turut berkontribusi positif bagi lingkungan serta masyarakat pesisir di sekitar Pantai Bahagia Muara Gembong. 

Keberlanjutan Mangrove Eonchemicals

Eonchemicals Berpartisipasi pada Acara Jababeka Ecoweek 2024 

Selain perusahaan-perusahaan di sekitar kawasan Jababeka, komunitas masyarakat setempat juga bekerja sama untuk mendukung kesuksesan kegiatan mangrove planting. Komunitas tersebut meliputi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alipbata di bawah Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi serta Kelompok Tani Hutan (KTH) di bawah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat. 

Mangrove planting pada acara Jababeka Ecoweek 2024 memiliki banyak manfaat bagi lingkungan maupun masyarakat di sekitarnya, yaitu sebagai berikut. 

  • Mengembangkan green belt di kawasan Pantai Bahagia Muara Gembong, Bekasi Utara 
  • Memberikan sumber mata pencaharian bagi masyarakat, khususnya petani mangrove 
  • Melindungi pesisir dari erosi, abrasi serta tiupan angin kencang sehingga tidak mengganggu fasilitas masyarakat   
  • Mengurangi terjadinya banjir rob atau pasang besar yang menyebabkan luapan air laut 
  • Memelihara program keanekaragaman hayati, menjaga ekosistem di area hilir serta menjadi rantai makanan bagi beberapa hewan laut 
  • Menurunkan emisi karbon maupun semua jenis logam berbahaya di Indonesia sehingga kualitas udara dan air menjadi lebih bersih 

Program penanaman mangrove berkelanjutan di Pantai Bahagia Muara Gembong ini selaras dengan tujuan Eonchemicals untuk mendukung langkah pemerintah dalam mewujudkan net zero carbon 2060. Ayo kita jaga kelestarian lingkungan hidup demi masa depan yang lebih hijau!