Beranda » Artikel » Solusi Tumpahan Minyak di Laut Akibat Bocornya Tangki Bahan Bakar pada Kapal 

Solusi Tumpahan Minyak di Laut Akibat Bocornya Tangki Bahan Bakar pada Kapal 

Solusi Tumpahan Minyak di Laut

Artikel

Solusi tumpahan minyak di laut merupakan salah satu topik pembicaraan pada seminar “Pemeliharaan dan Perawatan Kapal serta Fasilitas Pelabuhan dalam Mewujudkan Industri Maritim yang Berkelanjutan” yang telah diadakan oleh Eonchemicals bersama Corps Alumni Akademi Pelayaran (CAAIP). 

Senior Manager HSSE Pelindo, Ibu Frida Ervina Sitorus menyampaikan materi seminar mengenai “Pengelolaan Oil Spill Response di PT Pelabuhan Indonesia Regional 2″. Regional 2 ini terbagi menjadi 12 area pelabuhan, yakni Pelabuhan Teluk Bayur, Jambi, Palembang, Pangkal Balam, Tanjung Pandan, Pontianak, Bengkulu, Banten, Sunda Kelapa, Tanjung Priok, Cirebon dan Panjang. 

Terdapat insiden minyak tumpah di Terminal Petikemas Pelabuhan Panjang, Lampung. Peristiwa yang terjadi pada Selasa, 19 Desember 2023 pukul 00:30 WIB ini tentu dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan bahkan kecelakaan kerja. Oleh karena itu, pengelolaan oil spill response perlu dilakukan dengan tepat. Mari simak artikel berikut untuk mengetahui penyebab masalah beserta solusi tumpahan minyak di laut tersebut. 

Sumber masalah berawal dari lambung kapal yang bocor. Kebocoran terjadi saat Kapal Seaspan Lumaco sedang bersandar di Pelabuhan Panjang. Lambung kapal terkena baut fender dermaga tepat pada tangki bahan bakar minyak (BBM). Bocornya tangki BBM kapal inilah yang menyebabkan minyak tumpah di laut, bagian kapal serta sekitar area dermaga Pelabuhan Panjang. 

Solusi Tumpahan Minyak di Laut

  • Oil boom untuk melokalisasi tumpahan minyak 
  • Oil absorbent untuk menyerap sisa-sisa minyak yang masih tercecer  

Cara mengatasi tumpahan minyak di laut akibat kebocoran lambung kapal tepat pada tangki BBM adalah sebagai berikut. 

  • Menutup lubang yang terdapat pada lambung kapal   
  • Salah satu solusi tumpahan minyak di laut adalah memasang oil boom sebanyak 30 unit dengan panjang 450 meter mengelilingi badan kapal 
  • Menyiapkan alat skimmer beserta pompa air untuk mengambil tumpahan minyak 
  • Menyiapkan oil absorbent dan storage tank  
  • Pengambilan minyak dilakukan dengan menggunakan alat skimmer beserta oil absorbent yang telah disiapkan 
  • Tumpahan minyak tersebut ditampung ke dalam storage tank 

| Baca juga: Road marking paint untuk area pelabuhan

Solusi Tumpahan Minyak di Laut by oil spill kit
Kondisi setelah tumpahan minyak dibersihkan

 Sejalan dengan materi yang telah disampaikan oleh salah satu pembicara pada seminar kolaborasi tersebut, Eonchemicals juga memiliki solusi tumpahan minyak di laut, seperti EonSorbent Boom, Pad, Pillow & Socks. Selain itu, kami juga menyediakan alat bernama Eon Oil Containment Boom 2550 untuk membatasi dan menahan tumpahan minyak di perairan. Silakan hubungi kami via WhatsApp untuk konsultasi lebih lanjut, gratis! 

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.