Beranda » Artikel » Rust Converter dan Aplikasinya sebagai Metal Coating Anti Karat 

Rust Converter dan Aplikasinya sebagai Metal Coating Anti Karat 

Rust converter metal coating

Artikel

Cat seperti apa yang biasa Anda gunakan untuk mengatasi masalah metal structure berkarat, terutama apabila bagiannya sulit terjangkau untuk pembersihan karat secara mekanis sebelum pengecatan ulang? Tahukah Anda, ternyata Eonchemicals memiliki cairan pemati karat? Produk ini juga bisa mengubah karat (rust converter) menjadi lapisan pelindung lho! 

Peralatan dan struktur berbahan logam banyak digunakan di berbagai industri, termasuk industri maritim. Lingkungan sekitar yang korosif dapat mempercepat laju korosi pada permukaan besi. Selain itu, penggunaan cat yang tidak memenuhi standar kualitas juga merupakan penyebab karat pada besi lainnya. Hal ini tentu bisa menimbulkan masalah serius. 

Kemampuan daya tahan material pendukung proses operasional yang berkarat dan sulit untuk dibersihkan lambat laun akan mengalami penurunan sehingga dapat terjadi kerugian, baik dari sisi material, keamanan maupun keselamatan pekerja. Oleh karena itu, kami merekomendasikan rust converter dari Eonchemicals bernama EonVert 344. Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya. 

Rust Converter EonVert 344

Merupakan emulsi resin yang memiliki fungsi untuk mematikan dan mengubah karat menjadi lapisan ferro organik (lapisan pasif) berwarna hitam. Lapisan ini dapat melindungi permukaan dari oksigen dan kelembaban. Selain sebagai rust converter, dapat berfungsi untuk lapisan dasar (primer) coating lain di atasnya.  

Produk yang termasuk ke dalam marine coating ini bersifat ramah lingkungan dan tidak beracun. Selain itu, penggunaannya aman karena tidak mengandung timbal serta tidak mudah terbakar. Cara mengaplikasikannya pun mudah. Tidak perlu repot-repot melakukan pembilasan dengan air setelah pengecatan. 

Cara Aplikasi untuk Metal Coating

Persiapan Permukaan 

  • Bersihkan permukaan dari kontaminan, seperti debu, minyak atau karat yang keropos
  • Lakukan chipping pada area yang berkarat tebal
  • Lakukan grinding atau sikat menggunakan sikat kawat untuk membuat kasar permukaan sehingga daya adhesi lapisan dasar sangat baik terhadap substrat

Aplikasi Rust Converter EonVert 344 

  • Aduk EonVert 344 hingga homogen
  • Kuaskan atau semprotkan EonVert 344 pada permukaan yang berkarat, daerah siku maupun daerah yang sulit dijangkau untuk dilakukan proses grinding
  • Diamkan selama 6 sampai 8 jam hingga lapisannya mengering
  • Setelah kering, aplikasikan coating yang kompatibel sebagai lapisan kedua, seperti EonCoat 551 Primer, kemudian EonCoat 570. 

| Baca referensi lainnya tentang anti karat untuk perawatan boiler kapal

Pengawasan secara berkala terhadap struktur dan peralatan yang terbuat dari logam itu penting agar tidak mudah terkena korosi, terutama pada area yang sulit terjangkau. Hal ini bertujuan untuk mendukung serta meningkatkan kegiatan produksi di suatu industri.

Silakan hubungi kami via WhatasApp untuk konsultasi gratis mengenai rust converter EonVert 344 dari Eonchemicals. 

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

problem painting dan solusinya

Painting

Solusi
Painting pada industri otomotif adalah proses penting untuk memberikan finishing dan perlindungan ...Baca Selengkapnya