Beranda » Artikel » Pengecatan Marka Jalan pada Area Bongkar Muat dan Pedestrian di Dermaga dengan Marine Coating Eon

Pengecatan Marka Jalan pada Area Bongkar Muat dan Pedestrian di Dermaga dengan Marine Coating Eon

Pengecatan marka jalan

Artikel

Dermaga berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan bongkar muat barang maupun naik turun penumpang pada saat kapal sedang berlabuh. Marka jalan (road marking) di sekitar area dermaga merupakan salah satu infrastruktur penting yang perlu dirawat dengan cara melakukan pengecatan marka jalan secara berkala untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan. 

Namun, cat seperti apa yang biasanya Anda gunakan selama ini? Cat akrilik atau alkyd? Faktanya, cat alkyd diperuntukkan khusus aplikasi pada metal. Itulah mengapa warnanya lebih cepat pudar akibat perubahan cuaca, bahkan lapisannya mudah terkelupas apabila diaplikasikan di atas permukaan aspal atau beton. Berbeda dengan cat akrilik yang memiliki daya tahan lebih lama. 

Kami telah melakukan pengecatan marka jalan pada area bongkar muat serta pedestrian di Pelabuhan Pontianak dengan road marking paint dari Eonchemicals. Durasi pengecatan ulang menggunakan cat ini cukup panjang sehingga tidak akan mengganggu kegiatan operasional di dermaga. Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya! 

Rekomendasi Cat untuk Pengecatan Marka Jalan

Kami merekomendasikan produk bernama EonCoat 340 & EonCoat 340S (thinner) yang dapat diaplikasikan pada substrat semen, beton, aspal maupun paving block. Selain untuk pengecatan marka jalan atau penanda area, cat ini juga dapat digunakan di berbagai tempat, seperti zebra cross, pedestrian, helipad, parkiran, lantai pabrik, lapangan olahraga, taman bermain, dll. 

EonCoat 340

Terbuat dari akrilik berkualitas tinggi serta dapat cepat kering dalam waktu 2 jam. Terdapat beberapa jenis varian warna. Tidak mudah pudar dan lapisannya tidak cepat mengelupas. Cat ini juga memiliki ketahanan terhadap gesekan terutama pada kondisi sering dilalui orang atau kendaraan. Selain itu, penggunaannya lebih awet karena tahan air, debu maupun sinar UV. 

EonCoat 340S

Berfungsi sebagai solvent khusus untuk mengencerkan EonCoat 340 dengan konsentrasi pemakaian 5-15% menggunakan roll atau 20-30% dengan spray. Penggunaan pelarut ini penting untuk menghindari terjadinya cat yang menggumpal saat pencampuran sehingga dapat mempermudah aplikasi pengecatan marka jalan. 

Hasil Aplikasi Pengecatan Marka Jalan

Hasil pengecatan marka jalanKami mengaplikasikan EonCoat 340 dengan ketebalan antara 100-200 micron berdasarkan pada kondisi substrat serta beban kerja di area dermaga. Hasil monitoring mulai dari hari pertama hingga 56 hari setelah aplikasi adalah sebagai berikut. 

  • Waktu kering atau drying time  
    EonCoat 340 memiliki waktu kering selama kurang lebih 10 menit sehingga akan mempercepat kinerja aplikator.

  • Daya tahan di lapangan 
    Kondisi cat menempel dengan baik serta masih terlihat dengan jelas meskipun sudah banyak aktivitas yang dilakukan di sekitar dermaga.
Cat biasa vs eoncoat 340
Cat merk lain vs EonCoat 340 setelah 3 bulan 

Foto di atas menunjukkan perbandingan antara hasil pengecatan marka jalan menggunakan cat merk lain dengan EonCoat 340 setelah 3 bulan aplikasi. EonCoat 340 memiliki ketahanan warna yang lebih tajam, sedangkan cat lain lapisannya sudah banyak terkisis sehingga warnanya sudah tidak tampak jelas bahkan hilang sebagian. 

Cat marka jalan akrilik dari Eonchemicals terbukti dapat menghasilkan lapisan berwarna yang lebih tahan lama dibandingkan dengan cat alkyd. Silakan hubungi kami via WhatsApp untuk konsultasi gratis mengenai pengecatan marka jalan menggunakan EonCoat 340 & EonCoat 340S (thinner). Efektif untuk memberikan tanda jalan yang jelas dan terlihat di area dermaga. 

Konsultasi dengan EON Sekarang

Kami siap mendengar dan memberikan solusi chemicals yang tepat untuk Anda. Konsultasi bersama pakar kami gratis!

Mulai Konsultasi
Gambar CTA

Temukan solusi inovatif untuk industri Anda

Solusi Terkait

Tidak ada solusi terkait.